Library pada LCD (Liquid Cristal Display)

Library pada LCD (Liquid Cristal Display) - Hallo sahabat Arduino Libs - Ayo Belajar Arduino !, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Library pada LCD (Liquid Cristal Display), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Library, Artikel Library LCD, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Library pada LCD (Liquid Cristal Display)
link : Library pada LCD (Liquid Cristal Display)

Baca juga


Library pada LCD (Liquid Cristal Display)

Halo AWI'ers, postingan kali ini bukan merupakan postingan project, melainkan akan membahas tentang library dasar yang ada pada arduino untuk LCD.
Library ini dipakai ketika kita koding menggunakan LCD di dalamnya.
untuk versi resminya bisa di lihat di website resmi arduino (http://arduino.cc/en/Reference/LiquidCrystal)

Fungsi:

LiquidCrystal()
adalah setingan awal ketika menggunakan LCD, setingan ini berfungsi untuk konfigurasi dari pin LCD.
sintaknya :
LiquidCrystal(rs, enable, d4, d5, d6, d7)
LiquidCrystal(rs, rw, enable, d4, d5, d6, d7)
LiquidCrystal(rs, enable, d0, d1, d2, d3, d4, d5, d6, d7)
LiquidCrystal(rs, rw, enable, d0, d1, d2, d3, d4, d5, d6, d7)

begin()
untuk menentukan dimensi dari lcd yang akan di gunakan
sintaknya :
lcd.begin(cols,rows)

clear()
untuk menghapus layar LCD dan posisi kursor di sudut kiri atas.
sintaknya :
lcd.clear()

home()
Posisi kursor di kiri atas LCD. Artinya, menggunakan lokasi yang di keluaran teks setelah layar. Untuk juga menghapus layar, gunakan fungsi clear () sebagai gantinya.
sintaknya
lcd.home()

setCursor()
menentukan posisi cursor mulai penulisan
sintaknya :
lcd.setCursor(col,row)

write()
untuk menuliskan data pada LCD,misalkan akan menuliskan data dari hasil pembacaan serial dsb
sintaknya :
lcd.write(data)

print()
untuk menuliskan text pada LCD
sintaknya :
lcd.write("text")

cursor() dan noCursor()
Menampilkan kursor LCD: underscore (garis) pada posisi mana karakter berikutnya akan ditulis. dan menidaktampilkan
sintaknya :

lcd.cursor()
lcd.noCursor()

blink() dan noBlink()
Menampilkan kursor LCD berkedip. Jika digunakan dalam kombinasi dengan fungsi cursor(), hasilnya akan bagus. noBlink (tidak menampilkan)
sintaknya :
lcd.blink()
lcd.noBlink()

display() dan noDisplay()
Menyalakan pada layar LCD, setelah itu sudah dimatikan dengan noDisplay (). Ini akan mengembalikan teks (dan kursor) yang ada di layar.
sintaknya :
lcd.display()
lcd.noDisplay()

scrollDisplayLeft() dan scrollDisplayRight()
skrol konten display satu space dari kiri / kanan
lcd.scrollDisplayLeft()
lcd.scrollDisplayRight()

autoscroll()
noAutoscroll()
leftToRight()
rightToLeft()
createChar()


Demikianlah Artikel Library pada LCD (Liquid Cristal Display)

Sekianlah artikel Library pada LCD (Liquid Cristal Display) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Library pada LCD (Liquid Cristal Display) dengan alamat link https://arduinolibs.blogspot.com/2012/04/library-pada-lcd-liquid-cristal-display.html

0 Response to "Library pada LCD (Liquid Cristal Display)"

Post a Comment